-->

IPv6 di Windows XP

IP atau Internet Protokol (sumber:wikipedia) adalah protokol lapisan jaringan (Network layer) yang di gunakan oleh protokol TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol) untuk melakukan peng-alamatan dan routing paket data antar host dalam jaringan komputer yang berbasis TCP/IP.


Versi IP yang dikenal dan banyak digunakan sekarang adalah IP versi 4 (IPv4). IP versi terbaru hasil kembangan dari IPv4 adalah IP versi 6 (IPv6). Pada Windows Vista kedua IP tersebut sudah ter-install dan enabled by default. Tetapi tidak demikian dengan Windows XP. Lalu bagaimana caranya jika ingin menggunakan IPv6 ini pada Windows XP ??

Berikut ini penjelasannya lebih lanjut :


IPv6 yang disebut sebagai IP next generation, bagi penyelenggara telekomunikasi merupakan teknologi yang perlu diantisipasi perkembangannya. Pada saat ini hampir semua aplikasi bisnis khususnya di segmen korporasi masih memanfaatkan teknologi IP yang ada yakni IPv4, namun demikian belum terdapat tanda yang jelas kapan migrasi atau implementasi IPv6 secara global akan terjadi.

Kelebihan atau solusi yang terdapat di dalam desain IPv6 adalah salah satu pemicu percepatan implementasi. Kelebihan-kelebihan IPv6 adalah sebagai berikut:

* IPv6 merupakan solusi bagi keterbatasan alamat IPv4 (32 bit). IPv6 dengan 128 bit memungkinkan peng-alamatan yang lebih banyak, yang memungkinkan routing IP berbagai perangkat (PDA, handphone, perangkat rumah tangga, perlengkapan otomotif).
* Perbaikan IPV6 dengan ukuran kepala (Header). Header sekarang berisi 7 bidang (13 di IPv4). Header ukuran yang lebih kecil memungkinkan untuk memproses paket lebih cepat dibandingkan sebelumnya.
* Dukungan untuk sistem keamanan yang lebih. Otentikasi dan enkripsi dalam IPv6 menyediakan pilihan kerahasiaan dan integritas paket.
* Sama seperti halnya IPv4, IPv6 juga mengizinkan adanya DHCP Server sebagai pengatur alamat otomatis.

Dan mungkin masih masih banyak upgrade yang di dapat dari IP generasi terbaru ini yang belum saya ketahui,....

Yang akan dijelaskan disini adalah bagaimana cara meng-install atau meng-aktifkan IPv6 pada Windows XP (saya gunakan Windows XP SP 2).

Hal ini bisa dilakukan lewat aplikasi sakti windows XP --> Command Prompt. Caranya :

* buka Command Prompt (start - Run - atau tekan windows logo + r - ketik cmd - ok).
* pada C: prompt ketikkan "ipv6 install" tanpa tanda petik.



* tunggu sebentar untuk proses instalasi otomatis by windows.
* sampai di sini maka proses enabled IPv6 telah berhasil (simple dan mudah kan?).
* ketik ipv6 install? --> untuk melihat options command lainnya.
* jika ingin meng-uninstall IPv6 --> ketik ipv6 uninstalling.



* tunggu proses uninstall selesai kemudian restart pc untuk melengkapi proses uninstall.

Untuk tanggapan atau mempunyai pengetahuan lebih detail silahkan share di comment ya,..


Bookmark and Share


 Subscribe in a reader

Add to Google Reader or Homepage

Subscribe to neo_roang.com


Comments :

0 komentar to “IPv6 di Windows XP”